SIMPUL-SIMPUL DALAM PRAMUKA

www.roverpramuka.com, LLG - Perintis-perintis (Pioneers) zaman dahulu adalah orang-orang yang pergi lebih awal (tim pendahulu) guna membuka jalan di rimba/daerah baru untuk mereka yang akan datang menyusul di kemudian hari.

Seperti pada masa orang eropa yang berdatangan ke Amerika mencari daerah baru. Daerah baru di Amerika yang disebut Western (daerah barat). Tokohnya yang terkenal antara lain Daniel Boone.

Pioneering adalah kegiatan-kegiatan para perintis yang membutuhkan keahlian simpul dan ikatan (tali-temali), juga alat-alat seperti kapak, gergaji, dsb.

Pioneering dapat digunakan untuk merangkai struktur (sebutan bagi benda/alat yang dibuat dengan teknik pioneering), misalnya peralatan-peralatan di perkemahan. Seperti tiang jemuran, rak sepatu, rak piring, dll.

Manfaat Pioneering adalah dapat melatih keterampilan praktis, kerjasama, dan pemecahan dalam suatu masalah. Terutama dalam pembuatan struktur yang besar dan kompleks seperti jembatan, menara pandang atau gapura perkemahan.

 

SIMPUL DASAR YANG UTAMA

Dalam Pioneering terdapat beberapa jenis simpul dasar (basic knot) yang harus dipelajari dan dikuasi, terkhusus anggota Pramuka, yang diantaranya meliputi :

1. Simpul Tiang (Bowline)

Salah satu simpul tertua dan sederhana untuk mengikat atau mengakhiri ikatan. Manfaat dari simpul tiang adalah untuk membuat sebuah sosok (mata tali) yang kedudukannya tetap (tidak bergeser) atau untuk mengikat sesuatu yang membutuhkan keleluasaan bergerak semisal leher binatang. Dengan simpul tiang, sosok yang terbuat akan tetap dan tidak bergeser (menciut atau melonggar) sehingga leher binatang tidak terjerat. Karena kegunaan yang utama, simpul tiang ini juga disebut Rajanya Simpul (King of the knots). 

 

Cara Membuat Simpul Tiang

Untuk membuat simpul tiang caranya tidak sulit. Perhatikan terlebih dahulu gambar berikut:

  1. Pertama buatlah sosok di bagian tengah tali.
  2. Ujung tali dimasukkan ke dalam sosok dari arah bawah, kemudian ke atas tali di sisi lain sosok, dan terakhir lewatkan ke belakang (bawah) utas tali yang ada di sebelah atas sosok.
  3. Lingkarkan tali pada utas tali tersebut, kemudian masukkan ujung tali ke dalam sosok.
  4. Tarik kedua badan tali beserta ujung tali sehingga simpul menjadi erat.

2. Simpul Pangkal (Clove Hitch)

Simpul tiang atau simpul mati, simpul pangkal adalah salah satu simpul yang penting. Simpul ini digunakan untuk mengikatkan tali pada tiang. Sederhana namun kuat. Dalam pioneering, simpul ini digunakan untuk memulai ikatan juga untuk mengakhiri seperti pada ikatan palang dan ikat dan kaki tiga.

Cara Membuat

  • Buatlah dua ‘sosok’ tali seperti pada gambar. Perhatikan posisi kedua ujung tali di mana ujung pertama ada di atas tali (pada gambar, ‘sosok’ yang kiri) dan ujung kedua ada di bawah tali (pada gambar, sosok yang kanan)
  • Rekatkan kedua sosok hingga bertumpukan dengan posisi sosok yang ujung talinya di bawah berada di atas sosok yang ujung talinya di bawah
  • Masukkan sosok yang bertumpukan tadi melingkari tongkat atau kayu Selesai.

3. Simpul Mati (Reef Knot)

Simpul mati atau reef knot (disebut juga sebagai square knot), sering juga disebut simpul Hercules, merupakan salah satu simpul mendasar dalam kepramukaan dan kehidupan sehari-hari. Kegunaan simpul mati adalah untuk menyambung dua buah tali yang sama besar dan dalam keadaan kering. Di samping untuk menyambung tali, simpul mati juga digunakan untuk menali perban segitiga (mitela) saat melakukan PPPK. Konon simpul yang satu ini diyakini telah berusia ribuan tahun sejak 1794. 

Cara Membuat Simpul Mati

Setelah mengetahui kegunaan simpul mati, sekarang saatnya seorang pramuka belajar cara membuat simpul mati. Caranya gampang, silakan lihat gambar berikut:

Untuk memudahkan instruksi, dalam tutorial membuat simpul mati ini kita ibaratkan sedang menyambung dua buah tali yang satu berwarna biru dan satunya lagi berwarna putih. Langkah-langkah membuat simpul mati adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan ujung tali putih di atas ujung tali yang satunya.
  2. Lingkarkan ujung tali putih ke bawah tali biru kemudian lingkarkan lagi ke atas.
  3. Balik arah ujung tali biru yang tadinya ke arah kanan menjadi ke arah kiri . Demikian juga dengan ujung tali putih, balik ke arah kanan dan letakkan ujungnya di atas ujung tali biru.
  4. Ulangi langkah pada nomor dua.
  5. Tarik masing-masing ujung tali sehingga simpul menjadi kencang.
  6. Dan selesai, simpul mati atau reef knot atau square knot telah jadi.

Sumber gambar : pramukaria.id

 

4. Simpul Anyam (Sheet Bend)

Simpul anyam digunakan untuk menyambung dua buah utas tali kering yang ukurannya tidak sama besar. Dalam arti, jika ingin menyambung dua utas tali di mana yang satu berukuran besar dan satunya lagi berukuran kecil, gunakanlah simpul anyam. Jika dalam situasi tali licin atau basah, buatlah simpulan dua kali (double)

Cara Membuat Simpul Anyam

Untuk membuat simpul anyam atau sheet bend tidaklah sulit. Caranya adalah:

  1. Buatlah sosok pada ujung utas tali yang berukuran lebih besar (dalam gambar, tali berwarna biru)
  2. Masukkan ujung tali yang lebih kecil (merah) ke dalam sosok tali besar (biru) dari arah bawah
  3. Belitkan ujung tali kecil (merah) di bawah tali biru
  4. Sisipkan ujung tali merah ke bawah badan tali itu sendiri (gambar 3)

 

SIMPUL-SIMPUL PENTING LAINNYA

1. Simpul Erat (Sheepshank)

Simpul untuk memperpendek tali

Perhatikanlah gambar di atas  agar  mudah membuatnya dan baik hasilnya, seringlah berlatih karena semakin sering berlatih akan semakin terampil.

 

2. Simbol Tarik

Simpul yang jika ditarik ujungnya yang terbuka akan dengan mudah terlepas. Nama Highway Man diambil dari kebiasaan para penunggang kuda perampok bank di era cowboy di Amerika. Mereka dapat melepas ikatan kuda mereka di depan bank agar bisa kabur dengan cepat. Kegunaan lainnya untuk turun ke jurang/lembah atau turun dari atas pohon.

Cara Pembuatan :

  • Buat sosok dan dekatkan pada tiang/pohon yang akan digunakan untuk ikatan.
  • Lingkarkan salah satu bagian tali (bagian yang panjang) dan bentuklah ikatan sosok seperti pada gambar 2 dan 3
  • Tariklah sosok tali agar menjadi kuat.

3. Simpul Kembar/Simpul Nelayan (Fishhermen’s Knot)

Simpul Nelayan, Simpul Kembar, Simpul Inggris, atau Fisherman's Knot. Banyak nama yang disandang oleh simpul ini. 

Nama simpul kembar merujuk kepada bentuk simpul ini yang sebenarnya merupakan gabungan dari dua buah simpul hidup. Sedangkan penyebutan sebagai simpul nelayan (fisherman's knot) selain lantaran kerap digunakan sebagai penyambung nilon (tali) pancingan juga sering digunakan untung menyambung dua utas tali yang dalam kondisi basah.

Cara Membuat Simpul Kembar atau Nelayan

Seperti diuraikan di awal, simpul nelayan, simpul kembar, simpul inggris, simpul portugis (fisherman's knot) sebenarnya merupakan gabungan dari dua buah simpul hidup pada masing-masing ujung dari dua utas tali. Sehingga cara membuat simpul ini sebenarnya sangat mudah dan tidak sulit.

Cara membuat simpul ini adalah sebagai berikut:

  • Sejajarkan dua buah utas tali
  • Buatlah simpul hidup pada utas tali pertama dengan badan tali kedua berada di tengah sosoknya.
  • Buatlah simpul hidup pada utas tali kedua dengan badan tali pertama berada di tengah sosoknya.
  • Tarik kedua utas tali sehingga kedua simpul hidup menjadi erat dan rapat.

4. Simpul Jangkar (Crow Hitch)

Simpul ini dipergunakan untuk mengikat tali pada tiang atau cincin.

Referensi : pramukaria.id | ensiklopedia pramuka | hot.liputan6.com | Buku Boyman 1 & 2, Tahun Terbit 2016, Penulis Andri Bob Sunardi

BACA SEBELUMNYA : MATERI SYARAT-SYAR......

Bagikan
Tinggalkan komentar
Berita Terkait
32 GUDEP PRAMUKA DI PADANG ULAK TANDING, DIKUKUHKAN
20 September 2022 - 00:00 Info Pramuka
32 GUDEP PRAMUKA DI PADANG ULAK TANDING, DIKUKUHKAN

roverpramuka.com – Di Komplek Asrama Polsek Padang Ulak Tanding dijadikan sebagai lokasi kegiatan Pengukuhan 31 Gudep para pengurus Majelis Pembimbing Gugus

Lebih Detail
BENDERA RAKSASA PADA PUNCAK HUT PRAMUKA 61 MUSI RAWAS
15 September 2022 - 10:26 Info Pramuka
BENDERA RAKSASA PADA PUNCAK HUT PRAMUKA 61 MUSI RAWAS

MUSI RAWAS - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Ke - 61 tahun 2022, berlangsung di Bundaran Agropolitan Center

Lebih Detail
JENIS-JENIS IKATAN DALAM TALI-TEMALI
09 September 2022 - 17:03 Info Pramuka
JENIS-JENIS IKATAN DALAM TALI-TEMALI

www.roverpramuka.com, LLG - Jenis-jenis ikatan yang digunakan dalam tali temali dan pionering oleh pramuka itu apa saja? Terkadang saat melihat sebuah pionering yang

Lebih Detail